Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 21 Juli 2012

Oleh-oleh Ramadhan hari pertama : belajar astronomi

Ternyata catatan saya yang lalu sangat random. Tidak jelas ke mana arah pembicaraannya. Bahkan saya lupa bahwa tujuan awal tulisan saya adalah untuk menuliskan tekad saya untuk membuat jurnal selama bulan Ramadhan ini. Saya ingin Ramadhan tahun ini tidak menguap begitu saja setelah bulan Syawal datang dan berganti bulan yang lain. Beberapa hari yang lalu saya dan teman saya Rosa, bersepakat untuk menuliskan pengalaman berpuasa pada tahun ini di blog kami masing-masing. Apapun kesulitannya, akan saya coba menulis rutin setiap hari dan dimulai dari hari ini.

Ramadhan hari pertama Ramadhan ini belum saya rasakan. Karena keterbatasan wanita (bisa juga disebut keringanan untuk wanita), saya sedang diharamkan untuk berpuasa. Entah kenapa, karena saya nganggur, karena saya tidak keluar rumah, atau karena saya dasarnya malas, suasana bulan puasa belum juga terasa. Masih ada yang hampa seperti itulah.

Kegiatan satu hari inipun masih seperti hari yang lalu, surfing di dunia maya, bantu-bantu ayah yang sedang nge-cat dan tidur. Dan yang masih sama juga dengan hari kemarin, saya masih penasaran dengan astronomi. Sampai saat ini saya masih hafal apa yang saya pelajari tentang bumi, matahari, dan bulan ketika duduk di bangku SD. Saya juga masih bisa menggambar dengan baik bagaimana gerhana bisa terjadi dan juga bagaimana bisa ada pergantian musim. Tapi tiba-tiba saya berpikir, kenapa gerhana tidak terjadi setiap bulannya, atau kenapa semua itu bisa terjadi? Saya akui, konsep dasar saya tidak lengkap. Ada beberapa hal yang saya tidak ketahui. Terlebih selama ini saya hanya bergantung dari buku paket yang dibagikan.

Saya adalah pembelajar yang lebih banyak menggunakan media visual. Saya bayangkan model visual antara bumi, matahari, dan bulan. Masih saja saya kebingungan. Dan akhirnya saya menemukan beberapa model yang setidaknya bisa membantu. Salah satunya adalah simulasi yang disediakan di website milik University of Nebraska (bisa dilihat di sini). Di sini ada berbagai macam simulasi di dunia astronomi. Selain itu ada juga website exploratorium yang memberikan berbagai macam informasi mengenai gerhana di sini. Di youtube juga terdapat beberapa video yang menjelaskan bagaimana matahari, bumi, dan bulan berinteraksi (hem..saya tidak menemukan istilah yang lebih baik dari ini).

Oke, that's it for today. Semoga saya bisa lebih baik di hari esok dan esoknya, begitu pula dengan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar