Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 05 April 2013

Jailolo, I'm comiiiiiing...


"Tulisan ini diikutkan dalam "Jailolo, I'm Coming!" Blog Contest yang diselenggarakan oleh Wego Indonesia dan Festival Teluk Jailolo"


Jailolo, mungkin ada yang belum pernah denger nama itu. Apakah Jailolo itu? Makanan? Tempat Belanja? Buku? Apaan??? 
Gosh, tahun 2013 masih nggak kenal sama tempat yang namanya Jailolo?? Beneran? Sumpeh lo? Wah, sama dong sama saya. Saya juga belum kenal sama yang namanya Jailolo. Hehehe...
Pertama kali denger kata Jailolo adalah waktu salah satu sahabat saya yang maniak travelling cerita tentang rencananya pergi ke sana waktu ada festival kebudayaan di Jailolo tahun 2012 silam. Menurut kawan saya itu, Jailolo terletak di daerah Maluku Utara, deketan sama Ternate dan Tidore. Waktu itu sih, saya nggak penasaran banget. Lebih tepatnya menahan hati untuk tidak penasaran. Sebagai mahasiswa pas-pasan, tabungan untuk jalan-jalan yang membutuhkan transportasi pesawat sampai sekarang masih jauh dari cukup. 
Oke, kembali ke letak Jailolo. Saya buka atlas kesayangan yang sudah kumel, lecek bin dekil karena kebanyakan dibuka dan dilipet sejak SD dulu, buka bagian provinsi Maluku. Saya pindai kata demi kata, nama demi nama yang ada di peta. Jailolo... Yap, tidak KETEMU! Huft...kurang mutakhir ni peta. Yang ada malah nama Jaloho, sama dengan Jailolo atau tidak, saya tidak tahu. Baiklah, mari kita beranjak ke teknologi web yang mutakhir. Masukkan kata kunci “Jailolo”. Deretan hasil pencarian Mr. Google muncul. Wuih, yang muncul di halaman pertama kebanyakan berasal dari situs yang berbahasa inggris. Berarti Jailolo ini adalah destinasi pariwisata yang mahsyur di kalangan wisatawan asing. Malu saya sebagai anak bangsa Indonesia, yang baru ngeh ada daerah yang indah (katanya, kan saya belum ke sana juga) di usia yang sudah berkepala 2 (tapi saya masih di awal umur 20an kok).
Jadi, Jailolo ini adalah ibukota dari Kabupaten Halmahera Barat yang terletak di suatu teluk di bagian barat Halmahera. Di sana juga terletak gunung Jailolo yang merupakan pusat dari gugusan gunung yang terletak di bagian barat pulau Halmahera. Dilihat dari foto-foto dari para profesional, Jailolo ini keren sekaliiiii... Laut biru, kapal kayu yang besar, penari tradisional, makanan, pohon kelapa, daaaaaan gunung. Hah, gunung yang berbatasan dengan laut! Saya baru liat kali ini, lewat foto saja sayangnya. Dan menurut blog festival teluk Jailolo, kita bisa diving atau kegiatan di laut deh, dan hebatnya kita juga bisa milih untuk kegiatan gunung kayak mountain biking gitu. What a complete package, mau pilih laut bisa, mau pilih gunung hayuuuuk... Sebagai anak gunung yang tinggal di sekitaran gunung, tampaknya kegiatan di laut lebih bikin ngeces deh, secara kalau di Jogja, saya nggak berani nyemplung, laut selatan boooo...Samudera Hindia! Kalau keseret ombak, bisa berabe kan?!
Itu Jailolo yang saya tahu dari dunia maya dan tanya2.. Andai saya bisa ke sana..nanti saya tulisin cerita lengkapnya deh. Kalau ada yang mau dikirimin kartu pos, hayuk juga lah.. Gambarnya edisi jadul ya.. Kamera saya kamera lawas soalnya. Somebody....take me there, plese.... Mau deh saya dapet tiket gratisan buat pergi ke sana. Backpack dan kamera analog saya juga sudah siap untuk diajak serta.

0 komentar:

Posting Komentar